Pelecehan seksual merupakan salah satu topik yang cukup tabu untuk dibicarakan, padahal pelecelahan seksual dapat terjadi dimana saja, kapan saja dan bisa menyerang siapa saja. Hingga saat ini, gerakan untuk memerangi pelecehan seksual terus dilakukan dengan banyak cara. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan awareness atau kesadaran masyarakat menggunakan drama Korea. Banyak sutradara dan juga produser asal negeri ginseng yang mengangkat tema pelecehan seksual dalam drama yang mereka garap. Bahkan ada drama yang mengangkat tema pelecehan seksual yang benar-benar pernah terjadi dalam kehidupan nyata. Dengan adanya drama-drama inilah diharapkan masyarakat pemain dapat menyadari bahwa kasus-kasus pelecehan seksual sering terjadi di lingkungan sekitar tanpa disadari.

Witch at Court

Berikut adalah drama-drama yang mengangkat tema sexual abuse atau pelecehan seksual dari Korea yang harus anda tonton untuk meningkatkan kesadaran anda akan pelecehan seksual:
• Witch at Court
Drama yang satu ini tayang di tahun 2017, dibintangi oleh Yoon Hyun Min dan juga Jung Ryeo Won, Witch at Court menceritakan tentang seorang jaksa wanita bernama Ma Yi Deum yang kehilangan ibunya 20 tahun yang lalu. Sejak itu, Ma Yi Deum berjanji untuk mencari ibunya dan ingin sekali menjadi seorang jaksa yang terkenal. Dengan begitu setiap kali ada konferensi pers, ia berharap sang ibu akan mengenalinya dan ibunya bisa mengetahui bahwa anaknya bisa menjadi sukses seperti sekarang walaupun tanpa ada ibu di sampingnya. Namun karena adanya insiden pelecehan seksual yang terjadi di kantornya yang melibatkan seorang wartawan wanita, ia harus dimutasi ke divisi perlindungan wanita. Divisi ini terkenal di kalangan jaksa karena dapat mematikan karir seorang jaksa. Disini Ma Yi Deum bertemu dengan seorang mantan psikiater bernama Yeo Jin Wook. Bersama-sama, mereka berdua mengungkap berbagai kasus pelecehan seksual yang menimpa wanita dan juga anak-anak.
• Signal
Drama Signal mencuri perhatian banyak penonton di Korea karena drama ingin mengangkat kasus-kasus kriminal yang diambil dari kisah nyata. Bahkan beberapa kasus yang diangkat masih belum terpecahkan hingga drama tersebut tayang. Drama ini menceritakan seorang polisi yang berasal dari masa depan yang bernama Park Hae Yong. Kehidupannya terbilang biasa saja sampai akhirnya ia dapat berkomunikasi dengan Lee Jae Han, seorang polisi dari masa lalu yang sudah meninggal menggunakan walkie-talkie tua. Berkat kerjasama keduanya, mereka berhasil memecahkan kasus-kasus kriminal yang tidak berhasil diselesaikan di masa lalu, salah satunya adalah pemerkosaan sekaligus pembunuhan yang terjadi selama 5 tahun.
2 drama di atas hanyalah sebagian kecil dari berbagai drama yang mengangkat kasus-kasus pelecehan seksual. Kasus yang diangkat memang kebanyakan dari Korea Selatan, namun kasus yang terjadi pasti tidak jauh berbeda dengan yang terjadi di negara-negara lain.